Kamis, 14 Desember 2023

Pengenalan Assemblr EDU


Apa itu Augmented Reality?

Apakah Anda pernah menggunakan filter yang tersedia di media sosial seperti halnya orang pada gambar di samping yang sedang menggunakan filter kacamata virtual Ketika Anda mengoperasikannya dengan membuka kamera dan melihat layar smartphone, terdapat objek animasi yang seolah-olah ada di depan mata, dan tanpa sadar Anda telah menggunakan Augmented Reality (AR) pada kehidupan sehari-hari.AR memungkinkan Anda untuk menggunakan objek virtual yang seakan berada di depan mata dan menyatu dengan Anda. AR dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan smartphone, tablet, maupun PC yang Anda miliki.

Perkembangan AR mengalami peningkatan dibeberapa tahun terakhir. Tercatat pada tahun 2019 lebih dari 400 juta orang telah mengadopsi teknologi AR untuk bidang pendidikan, gaming, medis, hiburan, engineering, dan media sosial. Pada tahun 2020 ada lebih dari 200 Juta pengguna baru yang juga mengadopsi AR. Dari data peningkatan tersebut, diperkirakan pada tahun 2024 akan ada sekitar 1,7 Miliar pengguna AR baru yang tersebar di seluruh dunia untuk bidang yang sama. Faktor yang menyebabkan pengguna AR berkembang pesat diantaranya: 1. Adaptasi teknologi yang kian meningkat 2. Tren dalam penggunaan AR 3. Kebutuhan akan visualisasi dari berbagai sektor.

Augmented Reality dalam Kehidupan Kita?
Mengapa Teknologi AR Penting di Dunia Pendidikan?

Menurut penelitian di Universitas Cape Town, pembelajaran berbasis AR dapat meningkatkan minat siswa dengan membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan mengundang. Sekitar 80% siswa lebih cenderung menghadiri kelas berbasis AR. Sekitar 72% dari mereka sangat ingin berpartisipasi, sementara 70% siswa mengklaim AR meningkatkan pengalaman belajar mereka dan meningkatkan kecepatan mereka untuk memahami pembelajaran.
(sumber ; Hindawi.com, 2019).

Berikut manfaat pembelajaran menggunakan AR:
a. Membantu siswa memahami mata pelajaran yang kompleks, seperti sains yang dengan mudah dipahami melalui contoh visualisasi secara langsung
b. AR meningkatkan rentang pemahaman siswa dibandingkan dengan pengajaran dua dimensi
c. Memungkinkan siswa untuk meningkatkan keterampilan dan membuat pembelajaran menjadi interaktif.

Penerapan AR dalam Dunia Pendidikan

a. Alternatif untuk membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dengan metode pembelajaran berbasis visual b. Sebagai media pelengkap kurikulum sekolah c. Sebagai teknologi untuk meningkatkan level dari sumber materi pembelajaran yang bersifat fisik dan cetak d. Untuk menyediakan alternatif pengadaan alat peraga di laboratorium dengan proyeksi virtual.

Contoh Penerapan Augmented Reality Akses video di sini! KLIK




Itulah terkait pengenalasan Assemblr EDU dengan teknologi AR nya jika Bapak/Ibu Berkenan berlangganan akun Pro bisa kunjungi link : https://s.id/Jujun_Junaedi_jupaedu , proses cepat hanya 5 menit!!!

Jangan Lupa Ikuti Program Assemblr EDU nya:



0 comments:

Posting Komentar